Cara mudah mendaftar sebagai Driver Uber (Ojek / taksi Online)

Ojek online / taksi online merupakan hal yang sudah tidak asing lagi. Tidak hanya di kota kota besar, bahkan di pedesaanpun, nama  mereka sering kita dengar dan digembor-gemborkan lewat berbagai stasiun televisi. Tentu kita mengingat dengan cukup baik, bagaimana fenomenalnya kemunculan mereka. Ribuan orang berbondong-bondong keluar dari pekerjaan mereka, lalu mendaftar sebagai ojek online karena tergiur dengan penghasilan yang menjanjikan. Saat ini, penghasilan ojek online mungkin memang tidak sebesar dulu. Namun, tetap saja hasilnya masih bisa diandalkan. Hal itu bisa dilihat dengan masih eksisnya ojek online seperti Gojek, Grab, maupun Uber. Setiap harinya, masih banyak orang yang mendaftarkan diri untuk bergabung.

Pada kesempatan kali ini, saya hanya akan menceritakan bagaimana cara mendaftarkan diri sebagai mitra Uber agar mudah diterima. Saya sendiri masih ingat betul bagaimana dulu saya mendaftar. Hanya bermodal sebuah HP android, dan berbagai persyaratan pendukung, saya sudah diterima sebagai Driver Uber, meskipun tidak datang ke Kantor Uber. Jadi, apa yang saya coba katakan adalah, kita bisa mendaftarkan diri sebagai mitra Uber dengan cara online, maupun cara manual dengan mengunjungi kantor Uber. Kita tidak memerlukan calo dari orang lain untuk mendaftar uber, sebab pendaftaran sebagai mitra Uber sangatlah mudah dan praktis. Kita bisa melakukannya sendiri.

Persyaratan Uber Motor
Sebelum mendaftar sebagai mitra uber Motor, kita harus memahami bahwa sepeda motor yang bisa digunakan sebagai mitra Uber adalah sepeda motor tahun 2008 ke atas. Hal tersebut terkait dengan kondisi motor itu sendiri. Sebab tentu bisa kita asumsikan bahwa motor yang terlalu tua, memiliki performa yang kurang baik. Hal yang menarik dari uber, di bandingkan dengan Ojek online lain adalah, kita bisa saja, dan diperbolehkan mendaftarkan beberapa kendaraan di uber. Hal ini tentu sangat baik,  sebab kita menjadi cukup leluasa menggunakan sepeda motor manapun yang ada di garasi kita. Selain motor, beberapa hal yang harus kita persiapkan adalah sebagai berikut :
  1. SIM C
  2. KTP 
  3. SKCK Aktif
  4. STNK dan Pajak Motor masih berlaku (Hidup)
Seluruh dokumen tersebut kelak perlu kita foto dan upload di website Uber. Foto yang dihasilkan tentu saja haruslah foto foto yang jelas, juga sebaiknya tidak mengalami crop (pemotongan). Sebab foto asli dari kamera merupakan gambar yang lebih valid (terpercaya) dibandingkan hasil edit.

Persyaratan Uber Mobil
Mobil yang boleh digunakan sebagai taksi online di Uber adalah mobil dengan maksimal umur 5 tahun ke atas, yang artinya mobil tahun 2012 ke atas. Serta dilengkapi dengan asuransi. Sementara syarat yang lain tidak berbeda jauh dengan Uber motor, yaitu SIM A, KTP, SKCK dan STNK.

Langkah-langkah Mendaftar sebagai Mitra Uber
Kita bisa mendaftar Uber dengan mengunjungi kantor Uber maupun mendaftarkan diri secara online. Pada tahap ini hanya akan menjelaskan tahapan-tahapan mendaftar sebagai mitra Uber secara online. Perangkat yang bisa kita gunakan bisa saja berupa komputer maupun langsung di android. Selama browser yang digunakan mendukung java srcipt, proses pendaftaran akan sangat mudah. Saran saya, gunakan saja browser bawaan dari android kita atau jika browser bawaan tidak mendukung, bisa dicoba dengan google Chrome. Untuk mendaftar sebagai mitra uber, buka browser google chrome, lalu kunjungi situs uber pengemudi melalui tautan berikut ini : Driver Uber.

Mendaftar sebagai Mitra Uber
Pada tahap ini, kita perlu membuat akun uber terlebih dahulu. Kita akan memerlukan beberapa identitas seperti nama, alamat email, nomor HP, serta code invitation (invite Code Uber) atau bisa di artikan sebagai kode undangan. Untuk kolom kota, kita bisa mengetik kota dimana kita ingin mengemudikan uber. Disana akan muncul nama nama yang disarankan, silahkan pilih saja kota yang cocok. Sementara untuk invite code atau kode undangan anda bisa menggunakan kode "MAHFUDINIUE". Lalu setelah semua selesai, cukup klik submit. Pada halaman berikutnya, kita akan melihat pilihan, bagaimana kita ingin bermitra dengan uber. Jika kita ingin mendaftar sebagai uber motor, kita bisa pilih "i want to drive a motorbike" Namun jika kita ingin mendaftar sebagai taksi online di uber, kita cukup klik "I want to drive a car" lalu klik continue.

Sampai tahap ini kita telah selesai membuat akun Uber. Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengupload dokumen persyaratan berupa, KTP, SIM, SKCK, serta STNK sepeda motor. Kita cukup klik pada masing masing kolom kemudian klik Take Photo. Hanya saja untuk kolom STNK, mungkin kita harus mengingat bahwa STNK yang difoto adalah lembar depan dan belakang. Jadi kita perlu mengeluarkan kedua lembar STNK tersebut dari plastik dan mendekatkan keduanya agar bisa diambil dalam 1 gambar foto.

Upload Dokumen ke Uber
Sekali lagi, hal yang paling penting disini adalah berkas foto yang diambil haruslah jelas. Jangan blur, serta jangan menggunakan Crop atau pemotongan gambar. Tidak kalah penting, jangan sampai foto yang diambil tidak memuat dokumen secara full, yang artinya semua dokumen tersebut perlu terlihat keseluruhannya. Jangan terpotong (tak terpotret).

Training Online
Setelah mengupload dokumen, artinya kita telah selesai mendaftar di uber. Kita bisa menonton video tutorial aplikasi uber (training online) yang ditawarkan / muncul setelah pendaftaran. Disini yang perlu kita lakukan adalah menunggu. Jika semua berjalan lancar, dalam waktu beberapa jam, akun kita biasanya sudah disetujui. Untuk kasus saya sendiri, akun saya disetujui kurang dari 3 jam. Akun yang sudah aktif dan disetujui ini ditandai dengan SMS masuk dari uber yang menyatakan bahwa "akun anda sudah aktif..." Jika email yang kita gunakan belum di aktivasi, sebaiknya kita juga melakukan aktivasi. Buka email yang kita daftarkan di uber, cari email uber, lalu klik link aktivasi, yang mengartikan bahwa kita memang pemilik sah dan punya kases ke dalam email yang didaftarkan.

Mulai Login di Aplikasi Uber Driver
Jika kita sudah memiliki akun aktif, kita bisa mulai mengunduh aplikasi "Uber Driver" di palystore. Pastikan GPS menyala, untuk menggunakan aplikasi Uber. lalu buka aplikasi, login dengan email/Hp serta password yang kita buat di awal pendaftaran. Pilih maps navigasi serta kendaraan yang ingin digunakan. maka kita sudah bisa leluasa menggunakan aplikasi ini. Disini kita bisa melengkapi profil uber kita, berupa foto profil, rekening bank, serta beberapa info yang lain. Jika sudah selesai, maka kita sudah siap sebagai driver Uber.

Aplikasi Mitra Uber

Dimana Mendapatkan Jaket dan Helm Uber
Jaket dan helm uber bisa kita peroleh dengan mengunjungi kantor uber. Harga jaket dan helm adalah 350.000. Pembayaran sendiri bisa di cicil dalam beberapa minggu, diambil dari saldo yang kita hasilkan selama bermitra di uber. Kita cukup membaya uang muka (DP) sekitar 100rb serta segala identitas kita di uber. Selain di kantor uber, kita juga sebenarnya bisa membeli di tempat lain. Hanya saja, datang ke kantor uber, lebih disarankan.

0 Response to "Cara mudah mendaftar sebagai Driver Uber (Ojek / taksi Online)"

Post a Comment