Pengalaman Mengikuti Sidang Tilang di Pengadilan Negeri Bandung (Martadinata)

Pada awal bulan maret di tahun 2015 saya melakukan pelanggaran dengan tak sengaja masuk di jalur cepat di jalan Soekarno-Hatta Bandung. Hingga hal tersebut membuat saya harus mengikuti sidang tilang dipengadilan negeri pada tanggal 27 Maret 2015. Pelanggaran tersebut bisa terjadi karena memang jalur tersebut merupakan jalur yang hampir tidak pernah saya lewati. Mungkin hanya satu atau dua kali saja dan itupun hanya di lewati sekilas sebelum belok ke jalan yang lain.
Baca : Pengalaman Kena Tilang di jalan Soekarno-Hatta Bandung

Peta Lokasi dan Denah Pengadilan Negeri Bandung
Lokasi pengadilan negeri yang harus saya datangi karena pelanggaran ini adalah pengadilan negeri bandung yang Beralamat di jalan LL. RE. Martadinata No.74-80. Jika dilihat dari google maps, lokasi pengadilan negeri bandung tersebut tampak sebagai berikut :

Peta Menuju Pengadilan Negeri bandung
Peta Menuju Pengadilan Negeri bandung
Pengadilan negeri bandung terdiri dari berbagai gedung (seperti tampak pada gambar). Terdapat banyak ruang-ruang dengan fungsinya masing-masing, tergantung dari jenis persidangan yang terjadi. Untuk segala hal terkait sidang tilang ruang yang digunakan adalah ruang-ruang disekitar lapangan badminton, yaitu ruang 46 hingga 53 (di dalam kotak merah).

Denah Gedung Pengadilan Negeri Bandung
Denah Gedung Pengadilan Negeri Bandung

Pengalaman Mengunjungi Pengadilan Negeri Bandung
Hari itu saya berangkat dari rumah saya di sekitar setiabudhi pada pukul setengah sembilan pagi. Hingga akhirnya tiba di lokasi pada pukul sembilan lebih lima belas belas menit. Ketika kita mendatangi pengadilan negeri, khususnya di hari jumat (Urusan tilang cuma hari jumat), kita akan mendapati ratusan sepeda motor yang berjejer untuk parkir di jalan martadinata (depan pagar gedung pengadilan) namun biasanya di dalam pengadilan sendiri lokasi parkir biasanya akan tersedia cukup luas. Jadi saran saya, sebelum parkir di depan jalan, cobalah periksa terlebih dahulu lokasi parkir di bagian dalam gedung (bagian dalam pagar).

Parkir Bagian Dalam (Dalam Pagar)
Ada beberapa proses yang harus kita ikuti ketika kita ingin mengikuti pengadilan tilang. Pengalaman saya sendiri di hari itu, proses-prose tersebut  yaitu mengumpulkan surat tilang sekaligus mengambil nomor antrian, menunggu panggilan ke ruang sidang, pelaksanaan sidang.
Mengumpulkan Surat Tilang
Ada ribuan orang yang mengikuti proses sidang tilang di pengadilan negeri bandung setiap minggunya (datang pergi - bukan sekaligus). Saya sendiri memperoleh nomor antrian 514 ketika saya menukarkan surat tilang yang saya miliki. berikut beberapa gambar yang saya ambil terkait penukaran surat tilang.

Mengantri Mengumpulkan Surat Tilang
Mengantri Mengumpulkan Surat Tilang
Contoh Nomor Antrian Setelah Mengumpulkan Surat Tilang
Contoh Nomor Antrian Setelah Mengumpulkan Surat Tilang
Menunggu Panggilan keruang Sidang
Setelah memperoleh nomor antrian, langkah berikut yang harus kita lakukan adalah menunggu panggilan keruang sidang. Pada tahap ini sebaiknya kita menunggu di sekitar lokasi, karena ada kemungkinan nomor urut kita akan segera dipanggil jika petugas tidak dapat menemukan SIM atau STNK di ruangan mereka. Beberapa hal yang membuat petugas tidak dapat menemukan SIM atau STNK adalah sebagai berikut :
  1. SIM atau STNK belum Sampai di hari persidangan.
  2. SIM atau STNK sudah di pindahkan ke Polres Bandung karena beberapa orang datang di hari melebihi tanggal persidangan. Hal ini pernah terjadi kepada saya karena jumat di hari seharusnya saya datang sidang adalah tanggal merah (Pengadilan Libur). Sehingga ketika jumat berikutnya saya datang ke pengadilan, saya di arahkan ke Polres.
  3. Kesalahan ceklis di surat Tilang. Hal ini pernah terjadi pada saya, karena petugas kepolisian yang menilang saya mengambil SIM namun menceklis STNK pada Surat Tilang.
Pada Maret 2015 tersebut saya menunggu tidaklah terlalu lama. Karena kurang dari satu jam, nomor urut saya sudah di panggil untuk mengikuti sidang.

Proses Sidang
Di dalam proses sidang. Kita akan di kumpulkan di dalam ruang sidang, dalam jumlah yang cukup banyak, hingga kemudian dipanggil satu persatu. Di dalamnya akan kita jumpai lima orang petugas dengan tugasnya masing-masing. Orang pertama mengatur nomor urut, memanggil peserta untuk duduk di hadapan hakim agung. Orang kedua atau hakim agung akan mengajukan beberapa pertanyaan dan menentukan biaya yang harus dibayarkan. Orang ketika mencatat biaya vonis hakim agung di pojok kanan atas surat tilang. Orang ke empat merekap jumlah uang masuk yang diperoleh dari masing-masing orang serta memberikan stempel. Sementara orang kelima menerima pembayaran, menyimpan surat tilang serta memberikan SIM atau STNK kepada Peserta.

Proses Sidang Tilang di pengadilan Negeri
Proses Sidang Tilang di pengadilan Negeri
Proses sidang ini bukanlah hal yang menyeramkan karena kita hanya dipanggil dan di proses sangat cepat. Bahkan lebih mirip sekedar tanya jawab biasa, seperti sidang main-main. Hanya diajukan beberapa pertanyaan terkait nama dan bagaimana pelanggaran yang dilakukan, kemudian akan ditentukan berapa besar biaya yang perlu kita bayarkan. Besar biaya yang perlu di bayarkan pada sidang tilang ini pada umumnya merupakan suka-suka hakim agung. Karena tidak ada undang-undang yang mengatur biaya pasti nya. Meskipun demikian, biasanya hakim agung ini punya standarnya sendiri dalam menentukan biaya pelanggaran. Berikut adalah salah satu contoh video terkait proses sidang Tilang.
Contoh Video Proses Sidang Di pengadilan Negeri #01

Penutup
Semua proses tersebut berjalan sangat cepat, sehingga saya sudah bisa pulang pukul sepuluh lebih beberapa menit. Sehingga tetap bisa melaksanakan shalat jumat di masjid sekitar tempat saya tinggal.

21 Responses to "Pengalaman Mengikuti Sidang Tilang di Pengadilan Negeri Bandung (Martadinata) "

  1. Terima kasih sudah berbagi pengalaman, saya jadi ada gambaran nih hehe :D

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas sharenya, info yg sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Trims pengalamannya, berhubung jumat nanti sy mau sidang biar ada petunjuk ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin-kemarin ada biaya selisih 1 ribu gak kang? ^_^

      Delete
  4. Jumat kemarin sy sidang tilang, Ada yg bbeda, dihadapan hakim kita berdiri mengantri, ditanya pelanggarannya apa lsg divonis denda, denda sy 100rb, tp anehnya suruh bayar 101rb, krn masalah lampu yg ga nyadar mati (mungkin kegeser di parkiran, biasanya stand by) , walau sy sdh menyalakannya sblm polisi memanggil, ko tetap di tilang, sy merasa proses cepat tapi dipersidangan yg sy alami rasanya tdk diberikan waktu u bicara n bertanya.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena yang ditilang sedang banyak-banyaknya, makanya di buat mengantri. Agar prosesnya bisa lebih cepet (mungkin). Tapi ko mahal juga ya lampu doang 100ribu..?
      Kalau yang selisih biaya seribu. Pas saya juga gitu. Temen saya beberapa bulan lalu juga gitu. Entah itu buat apaan. Saya juga pas itu gak kepikiran buat tanya, ini yang seribu biaya apaan. Berharap aja, semoga bukan bentuk korupsi.

      Delete
  5. Kang. Bayar nya berapa kalo boleh tahu?? Kasus nya sama persis kaya saya.
    Dan besok akan sidang nya.

    ReplyDelete
  6. Mas saya juga harusnya tilang kemarin tanggal 6 mei tapi kan pas tanggal merah, jadi sidangnya kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya pernah dapat jadwal sidang di tanggal merah. Saya coba jumat depan nya ke pengadilan negeri. Tapi mereka bilang suruh ambil aja di polres. Ya udah, akhirnya ambil SIM nya malah ke polres. Gak sidang...

      Delete
  7. bayar berapa kang utk pelanggaran itu? sama persis soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 51 ribu kang.... Tapi temen di lain kesempatan ada juga yang 151 ribu..

      Delete
  8. Kang kalo boleh tau bayarnya berapa jika nerobos lampu merah...??

    ReplyDelete
  9. KAPOK GUE NGAMBIL STNK KE SITU. BUKAN NYA HARGA DI KASIH RINGAN.MALAH LEBIH MAHAL.MENDING DAMAI AJA DEH.UDAH BUANG2 WAKTU LAGI NGANTRI PANJANG. WAKTU DI TILANG GUE DI NEGOSIAIIN SAMA POLISINYA DI KASIH HARGA 50.000 KARNA GUE YAKIN .KALO SIDANG LEBIH MURAH.YAUDAH GUE TOLAK.EH PAS HARI H NYA GUE DI SIDANG MALAH SURUH BAYAR 1.50.000 SUE DAH.. TAPI YA KALO MAU GRATIS.MENDING TAATI PERATURAN GAN&SIS HEHEHEHE

    DAN USAHAKAN DATANG PAGI PALING AWAL. KALO JAM 9 KE ATAS WAH JANGAN HARAP BISA KELAR CEPAT DEH HAHAHAHAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu ngelanggar pasal apa emang teh? mobil?
      beberapa minggu lalu saya ngantar temen sidang kesitu.. emang jatuhnya mahal mahal teh. 100 ribu ke atas dan gak dikasih jeda buat menjelaskan atau membela dulu. langsung di vonis aja.. Mungkin lagi sial aja ke temu hakim yang kurang baik....

      Delete
  10. Klo plat nomer motor brp ya

    ReplyDelete
  11. mau tanya, kalau ambil stnk yg tertahan di polres, krn telat mengikuti sidang, kira2 denda yg di kasih k polisi brp ya?
    apakah sesuai dgn pasal 281 yaitu denda paling banyak 1jt? tlg infonya ya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya pernah di tilang karena ngelanggar rambu di larang masuk/lewat, SIM di tahan. Gagal sidang karena, tanggal sidang nya libur nasional. Ambil di polres kena 50ribu. Tapi gak ada nilai pasti sih, tampaknya nilai denda nya tergantung kebijakan pak pol. Asal tidak lebih besar dari denda maksimal.

      Delete
  12. ternyata prosesnya sama ketika saya sidang tilang di baleendah kab.bandung, nice info gan.

    ReplyDelete