Pengalaman memperpanjang STNK Tahunan di Samsat Indramayu

Di sampingku berdiri seorang pria paruh baya. Dering bunyi yang cukup keras membuatku mulai memperhatikan pria ini. Terlihat dengan sangat jelas tumpukan kertas di tangan kirinya, sama seperti selembar kertas yang sedang ku pegang saat ini. Berapa banyak sepeda motor yang dia miliki, sampai akhirnya dia memiliki berlembar-lembar kertas tersebut.. ?

Dia berbicara lembut sesekali tertawa, mengabarkan bahwa STNK yang lawan bicaranya tanyakan belum selesai dia buat karena sedang mengantri.

Aku menatap selembar kertas yang kumiliki, kosong, melayang jauh jatuh dalam kerangka berpikir yang kumiliki. Saya cukup memahami kenapa samsat Indramayu hari ini cukup ramai. Kemarin adalah hari libur karena memperingati hari buruh international, sementara sekarang adalah hari sabtu dimana semua pekerjaan hanya dilaksanakan setengah hari.

Pengalaman memperpanjang STNK Tahunan Samsat Indramayu
Sekitar pukul 10.30 aku sampai di samsat Indramayu di belakang alun-alun Kota Indramayu. Saya sampai cukup siang karena sampai pukul sembilan pagi aku harus menemani ibuku yang sedang sakit saat itu, perjalanan yang memakan waktu sekitar 70 menit ke lokasi, serta lokasi gedung yang tidak biasanya. Samsat Indramayu saat itu mengambil bekas gedung DianTV sebagai tempat mereka beroperasi sementara karena gedung mereka yang berlokasi cukup dengan dengan bundaran mangga sedang dalam pembangunan, entah sampai kapan. Suasana samsat indramayu sendiri sempat saya abadikan di dalam sebuah video.

Video Suasana Memperpanjang STNK

Bagi anda yang belum pernah memperpanjang SKPD atau STNK tahunan, beberapa hal yang harus anda bawa adalah :
  1. STNK asli dan fotokopi
  2. KTP asli dan Fotokopi sesuai nama yang tertera di STNK. Jika anda tidak memiliki KTP sesuai nama di STNK, anda bisa menggunakan Kartu keluarga (KK) asli dan fotokopi.
  3. Sepeda motor dan BPKB tidak diperlukan, karena beberapa hal tersebut hanya diperlukan untuk memperpanjang STNK 5 Tahunan.
Hal yang harus anda lakukan saat sampai di lokasi adalah cukup mengikuti loket sesuai dengan urutannya, dimulai dengan loket satu bertuliskan pendaftaran. Disana lah anda harus menyerahkan syarat-syarat seperti yang telah disebutkan di atas. Jika anda bukanlah pemilik KTP sesuai di STNK anda akan diberikan selembar kertas untuk anda isi, yang berfungsi sebagai surat pernyataan atau surat kuasa. Anda cukup isi dan menyerahkan kembali ke loket pendaftaran.

Selebihnya anda cukup menunggu sampai anda dipanggil untuk melakukan pembayaran. Besarnya biaya yang harus anda bayarkan adalah seperti yang tertera di STNK tahunan yang anda miliki untuk PKB dan SWDKLLJ. Saya sendiri membayar cukup murah daripada orang-orang kebanyakan, yaitu sebesar Rp. 194.300,- karena memang sepeda motor yang saya gunakan saat ini termasuk yang paling murah harga pembeliannya.

Pilihan Lain selain Samsat Daerah
Selain memperpanjang di samsat daerah, sebenarnya anda bisa memperpanjang SKPD (STNK tahunan) melalui samsat online (samsat outlet dan samsat keliling) serta melalui E-samsat dengan bantuan dari ATM maupun Rekening Bank BJB. Selebihnya bisa anda baca pada artikel saya sebelumnya di memilih cara terbaik membayar pajak sepeda motor (STNK tahunan).

0 Response to "Pengalaman memperpanjang STNK Tahunan di Samsat Indramayu"

Post a Comment