Harga Tiket wisata alam Curug mandala, Subang

Masih di hari yang sama, setelah mengunjungi curug karembong di kawasan wisata Capolaga adventure Camp, subang. Saya bersama teman-teman yang lain dari pasukan gambreng berinisiatif untuk mengunjungi salah satu curug lain di sekitar Capolaga. Curug yang menjadi pilihan kami untuk dikunjungi adalah Curug mandala, Subang.
Rute menuju curug mandala, Subang
Ketika kami memutuskan untuk mengunjungi Curug mandala, kami memiliki informasi yang sangat minim. Tidak ada satupun dari kami yang pernah mengunjungi curug mandala. Bahkan kami juga tidak mencari tahu di internet tentang curug ini. HP saya sendiri mati, karena itu saya sendiripun sama sekali tidak mencari tahu. Yang saya ketahui hanyalah, di pinggir jalan cicadas, di sebuah jalan menikung ada tanda petunjuk arah yang bertuliskan curug mandala. Itupun hanya terlihat sekilas saja, karena saat itu saya sedang dalam perjalanan menuju Wisata alam Capolaga. Untuk lebih jelasnya tentang lokasi curug mandala, bisa dilihat pada google maps : Maps Curug mandala

Pasukan Gambreng di wisata alam Capolaga, Subang
Pasukan Gambreng di Wisata alam Capolaga
Dengan empat buah sepeda motor, akhirnya kami memutuskan untuk masuk mengikuti petunjuk arah tersebut. Jalanan yang membentang di depan sana bukanlah jalanan beraspal maupun jalanan pedesaan yang lebar. Jalanan disana tampak seperti jalanan sempit dan menanjak di perkebunan. kemudian Lebih parah lagi, jalanan disana juga berlubang dan bergelombang parah. Benar-benar tidak layak untuk sepeda motor (apalagi mobil).

Rute menuju wisata alam Curug mandala, Subang
Rute Kami ke Curug Mandala
Rute Menuju wisata alam Curug mandala, Subang
Kondisi jalan saat masih lumayan bagus

Jika anda menggunakan sepeda motor, sebaiknya anda menghindari jalanan yang kami lalui. Lebih baik berputar, masuk melewati pabrik (Cukup dekat dengan sariater). Sebab jalanan melalui jalur ini, sedikit lebih baik di bandingkan jalanan yang kami lewati. Jalan melalui pabrik ini kami gunakan ketika kami pulang kembali menuju bandung.

Rute menuju wisata alam Curug mandala, Subang
Rute Kami pulang melewati pabrik

Harga Tiket Masuk Curug Mandala
Wisata curug mandala cukup sepi ketika kami berkunjung pada sore hari (sekitar jam 3 sore). Lokasi wisata ini juga tampaknya tidak terurus dengan resmi. Sebab hanya ada satu orang penjaga ketika kami datang. Harga tiket masuk lumayan mahal, yaitu Rp 10.000. Jika dibandingkan dengan apa yang bisa dilihat dan dinikmati di lokasi wisata ini, harga tiket tersebut memang terlalu tinggi. Hanya saja, harga tiket masuk ke curug mandala ini tampaknya bisa di tawar (eh). Tapi entahlah.

Untuk fasilitas, di lokasi wisata curug mandala tampaknya masih belum ada apapun. Hanya saja untuk parkir motor dan mobil memang lumayan luas. Saya melihat beberapa motor dan mobil disana (mobil tempur). Saya tidak melihat ada mushola, toilet, ataupun warung-warung yang menjajakan makanan. Namun jika anda mengunjungi tempat ini dan hal itu sudah berubah. Mohon infokan kepada saya.

Hal yang bisa kita lakukan di curug mandala
Di curug mandala, kita bisa menikmati indahnya alam curug mandala. Kita bisa bermain-main air di bawah air terjun, sebab kedalaman air di bawah air terjun tidak terlalu dalam. Hal yang mungkin perlu di perhatikan adalah faktor cuaca. Sebab jika cuaca hujan, aliran air bisa lebih deras yang tentu jadi lebih berbahaya. Berikut adalah beberapa foto yang sempat kami ambil di lokasi wisata curug mandala.

wisata alam Curug mandala, Subang
Wisata alam Curug Mandala Subang
wisata alam Curug mandala, Subang
Wisata alam Curug Mandala Subang
Demikianlah artikel saya yang sederhana untuk hari ini. Semoga apa yang saya tulis tentang curug mandala subang ini bermanfaat untuk anda. Mohon kabari saya jika anda menemukan perubahan-perubahan besar saat anda mengunjungi tempat ini.

1 Response to "Harga Tiket wisata alam Curug mandala, Subang"

  1. Dulu waktu saya SMA sekitar tahun 2016, harga tiket masuk masih 5000 rupiah :D

    ReplyDelete