Kenapa Isi Bensin di Pagi hari lebih baik daripada siang hari

Sebagai pengguna sepeda motor, isi bensin adalah salah satu hal yang biasa kita lakukan. Kita biasa melakukannya di sembarang waktu, baik itu pagi, siang, sore, ataupun di malam hari. Hal itu kita lakukan karena kita pada umumnya berpikir bahwa, kapanpun kita mengisi bensin, kita akan memperoleh takaran yang sama. Tapi tahukah kamu bahwa kenyataannya tidak demikian. Waktu yang kita pilih cukup mengambil peran.

Isi bahan bakar di Pom Bensin Pertamina
Isi Bahan Bakar di Pom Bensin

Meskipun kita berbicara waktu, namun pada dasarnya, bukan masalah waktu yang memegang peranan langsung dengan takaran bensin, melainkan suhu. Tentu kita sudah dapat memahami bagaimana panasnya suhu di siang hari, serta bagaimana dinginnya malam hari. Nah, suhu inilah yang akan mempengaruhi kualitas bensin yang akan kita beli. Hal ini ditulis di berbagai artikel otomotif, seperti otomotif kompas juga berita otomotif viva. Disana, kita akan sampai pada kesimpulan bahwa mengisi bensin di cuaca yang dingin akan lebih menguntungkan di bandingkan dengan mengisi bensin di cuaca yang panas.

Baca :

Sebagai seorang yang bergelut dengan dunia sains, ide dasar atas apa yang disampaikan di artikel-artikel tersebut cukup bisa diterima oleh akal. Bensin memang merupakan jenis zat volatil yang sangat mudah menguap. Volume yang ia miliki bisa berubah oleh pengaruh suhu. Sehingga tentu saja jumlah zat yang terkandung di dalam 1 liter bensin (di cuaca panas) akan memiliki kandungan yang lebih sedikit di bandingkan dengan 1 liter (di cuaca dingin).

Apakah Perbedaan nya Signifikan?
Jika kita membicarakan udara, perbedaan volume oleh perubahan suhu memang bisa saja sangat signifikan. Tentu kita pernah melihat bagaimana balon yang kita ikat di cuaca yang panas akan berubah menjadi sangat kecil di udara yang dingin. Namun BBM merupakan zat cair. Perbedaan nya tidak terlalu signifikan seperti halnya udara.

Balon
Balon

Saya sendiri memang tidak memiliki pengalaman langsung untuk mencari tahu perbedaan tersebut. Saya tidak pernah melakukan eksperimen untuk membuktikan apakah 1 liter yang kita beli di cuaca yang panas dan 1 liter yang kita beli di cuaca yang dingin memiliki perbedaan yang signifikan. Namun jika kita mengambil pendapat M Abidin (Kompas 2016), perbedaan yang kita dapatkan adalah sekitar 1 persen.

Entah signifikan ataupun tidak, membeli bensin di siang hari tetap saja menjadi hal yang saya coba untuk hindari. Jika memungkinkan untuk mengisi bensin di waktu yang lain (selain siang/tengah hari), maka saya akan lebih memilih itu. Bagaimana dengan anda?

1 Response to "Kenapa Isi Bensin di Pagi hari lebih baik daripada siang hari"

  1. Baru tau haha, meskipun bedanya hanya 1% ya lumayanlah haha

    ReplyDelete